Senin, 05 Juli 2010

Domisili Dayak Jangkang

Dayak jangkang adalah salah satu suku dayak di kabupaten sanggau yang wilayah penyebaran dan pendudukanya cukup banyak, hampir sebanding dengan dayak mualang di kabupaten sekadau dan dayak hibun di kabupaten sanggau, suku yang umunya bermukim di bagian utara kabupaten sanggau tepatnya di empat kecamatan yaitu Kec. Jangkang, Kec. Mukok dan sebagian Kec. Bonti dan kec. kapuas adalah basis dari Suku Dayak Jangkang ini. Selain itu mereka juga bermukim di antara 2 sungai besar, yaitu sungai sekayam dan sungai mengkiang (anak sungai sekayam) dan juga tersebar di beberapa daerah sungai kecil salah satunya termasuk sungai jangkang yang terdapat di kampunag jangkang benua .
sekarang orang jangkang sudah menyebar ke berbagai penjuru di indonesia diantaranya ada yang di pontianak. Di pontianak jumlah orang jangkang yang menetap di kota katulistiwa ini setiap tahunnya bertambah, baik dari kalangan mahasiswa yang ingin kuliah maupun yang ingin mencari kerja. Sehingga jika dikumpukan orang jangkang yang ada di pontianak hingga saat ini bisa menjadi satu kampung atau dua kampung.
Ada beberapa ahli yang sempat meneliti tentang suku daya ini Tapi, tak satupun yang otentik dan menyangkut seluruh sendi kehidupan masyarakat Suku Dayak Jangkang.
Ditulis oleh alfeus s. Lohin di 13:35 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar